Kamis, 22 Desember 2011

Konsep Dasar Ips

1.pengertian ips
Ips adalah suatu kajian yang terpadu yang merupakan mengutamakan adaptasi ,seleksi dan modifikasi yang mendeksripsikan keterampilan sejarah ,geografi,ekonomi,public,sosiologi,antropologi dan psikologi sosial .
Ips menggambarkan interasi antara individu atau kelompok dalam masyarakat.
Karakteristik Pembelajaran IPS
  1. Pendidikan Kemanusiaan
IPS harus membantu anak memahami pengalaman dan menemukan arti atau makna kehidupannya(jati diri) dalam tujuan pertama ini terkandung unsure pendidikan nilai
  1. Pendidikan Kewarganegaraan
Yaitu siswa harus dipersiapkan untuk berpartisipasi secara efektif dalam dinamika kehidupan masyarakat, siswa memiliki kesadaran untuk meningkatkan prestasinya sebagai bentuk tanggung jawab warga Negara setia pada Negara.
  1. Pendidikan Intelektual
Mengandung arti bahwa anak membutuhkan untuk memperoleh ide-ide yang analitis dan alat-alat untuk memperolehkan masalah yang dikembangkan dari konsep-konsep ilmu sosial dalam memecahkan masalah anak akan dihadapkan pada upaya mengambil keputusan sendiri.
Sejarah :menurut Sarono Kartawijo :sejarah dalam subjektif adalah bentuk yang disusun oleh penulis sebagai suatu tiraian atau cerita ,sehingga memuat unsur-unsur perasaan dan isi pemikiran penulis/pengarang(subyek).Konsep sejarah adalah waktu dan kejadian.
geografi merupakan ilmu social yang memiliki kajian tentang ruang dan jarak yang menjadi tempat tinggal manusia .konsep geografi adalah lokasi, posisi (kedudukan ), situasi,tempat (site) ,didtribusi dan peperancangan.
Ekonomi dalam bahasa yunani yaitu pemenuhan kebutuhan rumah tangga/administrasi.ekonomi dalam modern adalah sebuah alat untuk mencapai kebutuhannya . konsep ekonomi adalah kelangkaan, spesialisasi , saling ketergantungan,pasar dan kebijaksanaan umum.
ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari hal ihwal kenegaraan atau politik.konsep ilmu politik yaitu Negara ,kekuasaan ,pengambilan, keputusan ,kebijaksanaan.
sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat ,sosiologi mengamati keanggotaan orang-orang dalam kelompok,seperti dalam keluarga,sekolah,lembaga agama,dan pemerintah.Konsep sosiologi mencakup kelompok (group),lembaga(institution), peran (role), norma (norm),nilai (value).


Tujuan IPS
1.Pengetahuan
Adalah kemahiran dan pemehaman terhadap sejumlah informasi dan ide-ide.
Tujuan pengetahuan ini adalah membantu siswa untuk belajar lebih banyak tentang dirinya,fisiknya dan dunia social.
Misalnya :Siswa dikenalkan konsep apa yang disebutdgn lingkungan alam.
2.Keterampilan
- keterampilan berfikir yaitu kemampuan mendeksripsikan,mengklarifikasi,membuat hipotesis,generalisasi,prediksi,membandingkan dan melahirkan ide-ide baru.
-akademik yaitu kemampuan membaca,menelaah,menulis dan membuat catatan.
-penelitian yaitu mendefinisikan masalah,merumuskan suatu hipotesis menemukan dan mengambil data yang brhubunga dengan masalah dll.
-sosial yaitu kemampuan bekerjasama,memberikan konstribusi dalam tugas dan diskusi kelompok.
3.Sikap dan Nilai
-Sikap adalah kemahiran mengembangkan dan menerima keyakinan-keyakinan,interes,pandangan-pandangan dan kecendrungan tertentu/
-Nilai adalah kemahiran memegang komitmen mendalam,mendukung ketika sesuatu dianggap penting .
2.Landasan Pendidikan Ips
a. Landasan filosofis :landasan yang memberikan pemikiran mendasar untuk menentukan domain atau aspek yang menjadi tujuan pokok dimensi ips .
B.Landasan Sosiologi :gagasan yang mendasar untuk menentukan cita-cita ,kepentingan dan aspirasi yang akan membawa disiplin ilmu.
c. Landasan Politis :gagasan yang mendasardalam menentukan arah dan garis kebijakan dalam pendidikan politik ips.
d.Landasan kemanusiaan:gagasan yang mendasar dalam menentukan karakteristik ideal manusia sebagai sasaranproses pendidikan.
e. Landasan Religi :gagasan yang mendasar dalam menentukan nilai-nilai,norma,roh atau jiwa yang mendasari ilmu ips.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar